Pengertian Desain Pemodelan Grafik
Kalau kita mendengar kalimat “Desain
Pemodelan Grafik” pasti kita akan terbayang seperti gambaran atau rancangan
suatu objek. Maka, sebelum kita membahas apa itu “Desain Pemodelan Grafik”
disini akan saya jelaskan satu persatu, apa itu desain, apa itu pemodelan, dan
apa itu Grafik.
Desain
Ø
Desain adalah seni terapan, arsitektur dan
pencapaian kreatif lainnya. Desain juga diartikan sebagai kerangka bentuk atau
rancangan.
Pemodelan
Ø
Pemodelan diambil dari kata model yang artinya
rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem,
atau konsep, yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya
dapat berupa model fisik (maket, bentuk prototipe), model citra (gambar
rancangan, citra komputer), atau rumusan matematis.
Grafik (Grafis)
Ø Grafik atau Grafis identik dengan suatu garis,
titik, tanda, dan bentuk huruf. Grafik merupakan cara membentuk bentuk huruf,
tanda serta gambar menggunakan proses pencetakan. Grafik juga didefinisikan
sebagai suatu pembuatan, penyimpanan serta manipulasi model dan citra.
Jadi dari ketiga definisi diatas dapat
kita simpulkan bahwa Desain Pemodelan Grafik
adalah suatu proses penciptaan suatu objek yang baru dengan menggunakan
software aplikasi yang dilalui beberapa tahapan yaitu : membuat, menyimpan, dan
memanipulasi model dan citra.
Ini adalah software-software yang
digunakan dalam desain grafis:
©
Adobe Photoshop
©
Adobe Indesign
©
Adobe Illustrator
©
CorealDraw
©
GIMP
©
Adobe Page Maker, DLL .
Unsur dan Prinsip dari Desain
Pemodelan Grafik
Unsur dalam desain grafis sama seperti
unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut yaitu berupa : (shape,
bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna), membentuk
prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti : keseimbangan
(balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi (proportion) dan
kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang
lebih luas.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar