Rabu, 01 Oktober 2014

Desain Pemodelan Grafik

Pengertian Desain Pemodelan Grafik

Kalau kita mendengar kalimat “Desain Pemodelan Grafik” pasti kita akan terbayang seperti gambaran atau rancangan suatu objek. Maka, sebelum kita membahas apa itu “Desain Pemodelan Grafik” disini akan saya jelaskan satu persatu, apa itu desain, apa itu pemodelan, dan apa itu Grafik.

Desain

Ø  Desain adalah seni terapan, arsitektur dan pencapaian kreatif lainnya. Desain juga diartikan sebagai kerangka bentuk atau rancangan.

     Pemodelan

Ø  Pemodelan diambil dari kata model yang artinya rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep, yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya dapat berupa model fisik (maket, bentuk prototipe), model citra (gambar rancangan, citra komputer), atau rumusan matematis.

     Grafik (Grafis)

Ø  Grafik atau Grafis identik dengan suatu garis, titik, tanda, dan bentuk huruf. Grafik merupakan cara membentuk bentuk huruf, tanda serta gambar menggunakan proses pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu pembuatan, penyimpanan serta manipulasi model dan citra.

Jadi dari ketiga definisi diatas dapat kita simpulkan bahwa Desain Pemodelan Grafik adalah suatu proses penciptaan suatu objek yang baru dengan menggunakan software aplikasi yang dilalui beberapa tahapan yaitu : membuat, menyimpan, dan memanipulasi model dan citra.

Ini adalah software-software yang digunakan dalam desain grafis:

©  Adobe Photoshop
©  Adobe Indesign
©  Adobe Illustrator
©  CorealDraw
©  GIMP
©  Adobe Page Maker, DLL .


Unsur dan Prinsip dari Desain Pemodelan Grafik

Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut yaitu berupa : (shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna), membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti : keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi (proportion) dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.



Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar