PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI DALAM
PERKEMBANGAN BISNIS
Febriansyah
Handoni
Jurusan
Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunadarma
ABSTARK
Perkembangan
teknologi informasi secara cepat dipicu oleh kebutuhan akan informasi dengan cepat,
akurat, dan saat ini. Teknologi informasi telah menjadi fasilitas utama bagi
kegiatan berbagai sektor kehidupan yang memberikan kontribusi besar dengan
perubahan mendasar dalam manajemen organisasi struktur dan operasi, teknologi
informasi telah dimanfaatkan oleh beberapa orang yang dapat melihat peluang
bisnis dari teknologi, pengaruh dan peran teknologi informasi secara tidak
langsung, telah membuat tumbuh bisnis online. Mereka yang mengerti bisnis dapat
melihat baik peluang dalam dunia bisnis online. Karena banyak dari manfaat atau
keuntungan dalam bisnis online. Jadi, Informasi Teknologi (IT) memainkan peran
penting dalam pengembangan teknologi informasi bisnis online atau IT telah umum
disebut banyak peran penting dalam berbagai bidang yang ada di dunia ini.
Daerah ini termasuk komunikasi, obat-obatan, ekonomi dan lain-lain. Bisnis
online adalah banyak wabah ini tak lepas dari pengaruh dan peran TI.
PENDAHULUAN
Dalam
dunia bisnis terdapat produsen sebagai penjual produk dan konsumen sebagai
pembeli produk . Dua orang ini merupakan elemen yang saling membutuhkan, suatu
perdagangan atau bisnis tidak akan berjalan jika tidak ada salah satunya.
Produsen membutuhkan konsumen untuk membeli produk-produk yang akan di jualnya,
demikian pula konsumen membutuhkan produsen untuk memenuhi
kebutuhan-kebutuhannya. Produsen menjual barang-barangnya pada suatu tempat dan
ketika konsumen ingin membeli kebutuhannya dia akan datang ke tempat tersebut.
Hal ini sudah terjadi ratusan bahkan ribuan tahun semenjak awal mula
perdagangan ketika suatu teknologi belum ada. Ketika telah datang teknologi,
teknologi ini mempengaruhi sistem perkembangan perdagangan bahkan teknologi ini
mempunyai peranan sendiri. Teknologi Informasi (TI) berperan sebagai sarana
transaksi dua elemen bisnis online, yaitu dalam memberikan fasilitas media
berupa internet. Web yang disediakan sebagai tempat konsumen memilih
barangbarang yang inginkan, kemudian pada transaksi ini pun dibutuhkan
teknologi lain untuk mendukung bisnis online tersebut. yaitu dibutuhkan
teknologi komunikasi telepon (sebagai media komunikasi), bank (media pembayaran
konsumen dengan produsen), agen pengiriman seperti Pos Indonesia. Hal-hal
tersebut merupakan teknologi yang berperan dan berpengaruh dalam perkembangan
bisnis online. Kemudahan-kemudahan dan fasilitas yang disediakan akibat peranan
dan pengaruh TI ini membuat bisnis online lebih disukai karena lebih efisien,
hemat dan lebih cepat yang dirasakan baik oleh produsen dan konsumen. Pengaruh
dan peranan TI terhadap kehidupan manusia sangat penting. Perkembangan
teknologi informasi kini berkembang seiring berjalanya perkembangan manusia.
Teknologi informasi banyak dimanfaatkan sebagian besar manusia yang melihat
peluang bisnis dari perkembangan teknologi tersebut, seperti bisnis online. Di
Indonesia bisnis online sudah bukan hal yang aneh. Hal ini sudah menjadi hal
yang biasa dan sudah berkembang cukup baik. Dengan memanfaatkan bisnis online
orang menjadi lebih mudah mendapatkan barang yang diinginkan atau jasa yang
dicari olehnya. Perkembangan bisnis online di Indonesia semakin pesat yang
dipengaruhi oleh salah satu faktor yaitu semakin banyak dan murahnya koneksi
internet di Indonesia. Tentu hal ini menguntungkan untuk kemajuan bisnis
online, dibandingakan dengan bisnis offline.
KAJIAN
TEORI
Definisi Teknologi
Informasi
Teknologi
informasi merujuk pada seluruh bentuk teknologi yang digunakan untuk
menciptakan, menyimpan, mengubah, dan menggunakan informasi dalam segala
bentuknya (McKeown, 2001).
Teknologi
informasi merupakan sebuah bentuk umum yang menggambarkan setiap teknologi yang
membantu menghasilkan, memanipulasi, menyimpan, mengkomunikasikan, dan atau
menyampaikan informasi (Williams, Sawyer, 2005).
Teknologi
informasiz merupakan kombinasi teknologi komputer (perangkat keras dan
perangkat lunak) untuk mengolah dan menyimpan informasi dengan teknologi
komunikasi untuk melakukan transmisi informasi (Martin, Brown, DeHayes, Hoffer,
Perkins, 2005).
Dari
definisi tersebut diatas ada dua hal penting, yaitu teknologi komputer dan
teknologi komunikasi.
Pengertian
dan Fungsi Bisnis
Bisnis
dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan
institusi yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari.
Bisnis
sebagia suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan
masyarakat (Huat, T Chwee, 1990).
Bisnis
merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan
untuk mendapatkan keuntungan (Griffin & Ebert).
Dari
pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa bisnis adalah kegiatan yang dilakukan
oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create
value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and service) untuk
memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.
pengaruh
dan peranan TI dalam kegiatan bisnis
Dewasa
ini telah terjadi ledakan informasi, informasi amat diperlukan bagi kegiatan
operasi manajemen. Jumlah informasi yang banyak sekali mengakibatkan sebagian
informasi dilakukan manusia dan sebagian lagi dilakukan oleh mesin, akibatnya
munculah gagasan untuk mengatasi persoalan sebaiknya manusia dan mesin
membentuk sebuah sistem gabungan dengan hasil yang diperoleh dari dialog dan
interaksi antara mesin (komputer) dan manusia pengolahnya. Teknologi informasi
merupakan satu dari sekian banyak hal yang dibutuhkan dalam perkembangan bisnis
di dunia tanpa terkecuali Indonesia, bahkan kita dapat menyebutnya sebagai
faktor pokok bagi perkembangan dunia bisnis saat ini. Di mana-mana sudah
menggunakan TI dalam memproses kegiatan bisnisnya. Hal itu jelas saja karena TI
memberikan kemudahan bagi para pebisnis untuk melakukan kegiatan bisnisnya.
Alasan perusahaan menerapkan TI dalam perusahaannya adalah agar semakin dekat
dengan konsumen karena kemampuan TI untuk mendekatkan jarak dan waktu sehingga
semakin mendekatkan produk perusahaan kepada konsumen. Hal ini membuat bisnis
di Indonesia semakin berkembang. Kita bisa membayangkan perusahaan yang tidak
menerapkan TI hanya akan menunggu hari di mana perusahaan tersebut bangkrut.
Berbisnis dengan menerapkan teknologi informasi membuat peluang pasar terbuka
lebih luas. Berbisnis lewat internet akan mempermudah mempromosikan produk,
mencari konsumen, pelanggan. Terdapat faktor yang mempengaruhi perkembangan
bisnis yaitu: kompleksitas bisnis yang semakin meningkat yang dipengaruhi oleh
pengaruh ekonomi internasional, kompetisi bisnis global, pekembangan dan
pertumbuhan TI, pendayagunaan waktu, pertimbangan sosial dan kapasitas
teknologi informasi yang dipengaruhi oleh: kapasitas pelayanan kebutuhan
informasi, kapasitas interaksi dalam jaringan komputer, kapasitas kecepatan
akses data. Di bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa komputer
peranan teknologi informasi akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin,
periodik, maupun insidental dan menyediakan banyak informasi dengan cepat dan
tepat. Pengaruh dan peranan TI terhadap perkembangan bisinis online di
antaranya adalah:
·
TI yang dapat memudahkan penyebaran
informasi mampu mengembangkan bisnis online ke berbagai wilayah di dunia.
seperti ecommerce yang digunakan oleh perusahaan penjual buku, musik, video,
permainan dan barang elektronik.
·
Banyaknya tenaga ahli dalam bidang TI
juga membantu menumbukan bisnis online di internet. Dengan banyaknya tenaga
ahli dalam bidang TI, bisnis online banyak mengalami perbaikan sistem. Bisnis
online tadinya sangat rentan dengan penyadapan kartu kredit yang menyebabkan
ketidaktertarikan konsumen terhadap bisnis ini. Namun dengan adanya perbaikan
sistem, maka kerahasiaan identitas konsumen pun lebih terjamin. Konsumen dapat
kembali percaya membeli keperluannya di perusahaan bisnis online.
·
Bisnis online banyak digemari karena
fleksibilitasnya. Seseorang tidak harus berada di tokonya untuk menunggu
pelanggan, namun dengan komputer dan konektivitasnya sudah dapat menjual
produknya ke seluruh negara. Pembeli pun tidak harus capek-capek keluar untuk
membeli keperluannya, karena dengan hanya membeli secara online, barang
pembeliannya bisa diantar langsung ke rumahnya.
·
Koneksi internet yang semakin mudah dan
terjangkau akibat kemajuan TI juga menyebabkan kemakmuran di bisnis online
USULAN
Dengan
adanya penggunaan teknologi informasi dan teknolgi komputer diharapkan agar
perkembangan komputer kedepannya dapat mengubah pola pikir manusia menjadi yang
kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kreatifitas hingga menghasilkan suatu
karya yang berguna bagi manusia. Dengan adanya teknologi komputer dan software
dapat bermanfaat sesuai dengan kegunaan dalam halnya berbisnis. Kemajuan teknologi
informasi komputer software dimasa ini dapat membantu dalam berbisnis dan dapat
membantu manusia dalam mengerjakan semua pekerjaannya.
HASIL
EVALUASI
Teknologi Informasi sangat berperan
penting di dalam perkembangan bisnis online di Indonesia yang juga dapat
meningkatkan perekonomian di negara ini. Teknologi Informasi atau yang biasa
disebut TI telah banyak berperan penting dalam berbagai bidang yang ada di
dunia ini. Bidang-bidang tersebut di antaranya adalah bidang komunikasi,
kedokteran, perekonomian dan lain-lain. Pada bidang komunikasi, dengan adanya teknologi
informasi, terciptalah alat komunikasi, telepon, fax dan internet. Manusia dan
manusia yang lainnya dapat berkomunikasi walaupun jauhnya jarak yang
memisahkan. Pada bidang kedokteran, banyak tercipta teknologi-teknologi canggih
untuk penyembuhan dan pengobatan pasien. Sedangkan pada bidang perekonomian,
semakin berkembangnya bisnis-bisnis online yang terjadi dilayanan internet.
iklan-iklan produk di beberapa blog, website maupun situs jejaring sosial
seperti facebook.
Bisnis online yang banyak sekali pada
saat ini tak terlepas dari adanya pengaruh dan peranan TI didalam dunia bisnis.
Adapun dalam bidan sumberdaya manusia, teknologi informasi media pelatihan yang
cukup baik dan menarik. Dalam bidang pelatihan ini dikenal dengan istilah
Computer Based Training (CBT). Perusahaan InstallShield membuat perangkat lunak
teknologi informasi yang dikhususkan untuk training. Aplikasi teknologi
informasi yang lainnya dalam bidang sumberdaya manusia adalah untuk rekrutmen
karyawan, seperti yang dilakukan oleh L’OREAL. Bahkan strategi komunikasi
online L’Oreal mendapatkan penghargaan didasarkan pada pengunjung yang telah
mengunjungi dua kali pada tahun 2001 dan www.loreal.com
menerima lebih dari 70.000 lamaran pekerjaan, lebih dari 120% dari tahun 2000
dan jumlah pelamar pekerjaan yang diterima lebih dari 40% sejak 1997.
PENUTUP
Teknologi Informasi (TI) telah berperan
penting bagi kehidupan manusia saat ini. Perkembangan teknologi informasi telah
mengikuti dengan berjalannya pula perkembangan manusia. Perkembangan teknologi
informasi sangat pesat dipicu oleh kebutuhan informasi secara cepat, tepat, dan
terkini. Teknologi informasi telah menjadi fasilitas utama
bagi kegiatan berbagai sektor kehidupan di mana informasi dapat memberikan
peran besar terhadap perubahan-perubahan yang mendasar pada struktur operasi
dan manajemen organisasi, Teknologi informasi telah dimanfaatkan oleh sebagian
manusia yang dapat melihat peluang bisnis dari teknologi tersebut, Pengaruh dan
peranan teknologi informasi secara tidak langsung telah membuat bisnis online berkembang.
Karena dengan teknologi ini, bisa di
ketahui bagaimana cara belajar dan bekerja seperti bekerja bisnis secara online.
Bagaimana cara berkomunikasi, memberikan tampilan, informasi tentang bisnis
online tersebut agar para pelanggan mudah untuk melakukan penawaran jual beli.
REFERENSI
1. Turban,
Efraim, R. Kelly Rainer, Richar E. Porter, 2006, Pengantar Teknologi Informasi
Edisi 3, Salemba Empat, Jakarta. https://brothernasution.wordpress.com/2014/04/30/macam-macam-peran-penggunaan-teknologi-informasi-pada-bidangnya/
2. Griffin,
Ricky W. and Ronald J. Ebert. 2002. Business. 6th Ed. Prentice Hall
International,
Inc. https://www.academia.edu/5319570/PERANAN_TEKNOLOGI_INFORMASI_DALAM_DUNIA_BISNIS
3. Hisdrich,
Robert, et.al. 2005. Entrepreneurship. 6th Edition. McGraw Hill International. http://ptiasitiwahyukurnia.blogspot.co.id/2014/11/tugas-jurnal-pengantar-teknologi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar