Jumat, 09 Agustus 2013

Contoh Program Memilih Menu Makana dan Minuman Menggunakan Delphi7

Listing Program
unit Unit1;

interface

uses
  Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
  Dialogs, StdCtrls;

type
  TForm1 = class(TForm)
    Label1: TLabel;
    Label2: TLabel;
    Label3: TLabel;
    Label4: TLabel;
    Label5: TLabel;
    Label6: TLabel;
    Label7: TLabel;
    Label8: TLabel;
    Label9: TLabel;
    Label10: TLabel;
    Label11: TLabel;
    Label12: TLabel;
    Label13: TLabel;
    Label14: TLabel;
    Edit1: TEdit;
    Edit2: TEdit;
    Button1: TButton;
    Label15: TLabel;
    Edit3: TEdit;
    procedure Edit1Change(Sender: TObject);
  private
    { Private declarations }
  public
    { Public declarations }

 end;

var
  Form1: TForm1;

implementation

{$R *.dfm}

procedure TForm1.Edit1Change(Sender: TObject);
Var A,B:integer;
begin
A:=StrToInt(Edit1.Text);
B:=StrToInt(Edit2.Text);
  begin
  case A of
    1 : Edit3.Text:=Label3.Caption;
    2 : Edit3.Text:=Label4.Caption;
    3 : Edit3.Text:=Label6.Caption;
    4 : Edit3.Text:=Label7.Caption;
    5 : Edit3.Text:=Label8.Caption;
    else
    ShowMessage('Masukkan inputan yang benar!');
  end;
  end;
  case B of
    6 : Edit3.Text:=Edit3.Text+' '+'dan'+' '+Label10.Caption;
    7 : Edit3.Text:=Edit3.Text+' '+'dan'+' '+Label11.Caption;
    8 : Edit3.Text:=Edit3.Text+' '+'dan'+' '+Label12.Caption;
    9 : Edit3.Text:=Edit3.Text+' '+'dan'+' '+Label13.Caption;
    10 : Edit3.Text:=Edit3.Text+' '+'dan'+' '+Label14.Caption;
    else
    ShowMessage('Masukkan inputan yang benar!')
   end
   end;
   end.



Logika Program
Pada praktikum kali ini, kita akan membuat program pemesanan menu makanan dan menu minuman dengan menggunakan Delphi 7. Program kali ini menggunakan statement case of. Langsung saja kita bahas cara membuat programnya, pertama kita membuat form dan menyusunnya. Setelah itu klik 2x pada Button1 dan masukkan source code berikut ini :

 


procedure TForm1.Edit1Change(Sender: TObject);
Var A,B:integer;
begin
A:=StrToInt(Edit1.Text);
B:=StrToInt(Edit2.Text);
  begin
  case A of
    1 : Edit3.Text:=Label3.Caption;
    2 : Edit3.Text:=Label4.Caption;
    3 : Edit3.Text:=Label6.Caption;
    4 : Edit3.Text:=Label7.Caption;
    5 : Edit3.Text:=Label8.Caption;
    else
    ShowMessage('Masukkan inputan yang benar!');
  end;
  end;
  case B of
    6 : Edit3.Text:=Edit3.Text+' '+'dan'+' '+Label10.Caption;
    7 : Edit3.Text:=Edit3.Text+' '+'dan'+' '+Label11.Caption;
    8 : Edit3.Text:=Edit3.Text+' '+'dan'+' '+Label12.Caption;
    9 : Edit3.Text:=Edit3.Text+' '+'dan'+' '+Label13.Caption;
    10 : Edit3.Text:=Edit3.Text+' '+'dan'+' '+Label14.Caption;
    else
    ShowMessage('Masukkan inputan yang benar!')
  end
  end;
end.




Mari kita bahas satu persatu source code diatas :
1. Var A,B : integer ; digunakan untuk menentukan bahwa setiap inputan yang dimasukkan ke dalam Edit1 dan Edit2 harus bernilai integer, jika ada maka akan muncul pesan error yang berbunyi  “Masukkan inputan yang benar” sesuai dengan codingan berikutnya yang ada pada case of.
2.  A:=strtoint(edit1.text);
     B:=strtoint(edit2.text);

Kedua source code diatas digunakan untuk mengkonversi nilai string menjadi integer (strtoint) yang artinya data bertipe String di komponen edit1 dan edit2 akan dirubah menjadi data yang bertipe integer yang disimpan di variable nilai integer.
3. begin
  case A of
    1 : Edit3.Text:=Label3.Caption;
    2 : Edit3.Text:=Label4.Caption;
    3 : Edit3.Text:=Label6.Caption;
    4 : Edit3.Text:=Label7.Caption;
    5 : Edit3.Text:=Label8.Caption;
    else
    ShowMessage('Masukkan inputan yang benar!');
  end;
  end;
case B of
    6 : Edit3.Text:=Edit3.Text+' '+'dan'+' '+Label10.Caption;
    7 : Edit3.Text:=Edit3.Text+' '+'dan'+' '+Label11.Caption;
    8 : Edit3.Text:=Edit3.Text+' '+'dan'+' '+Label12.Caption;
    9 : Edit3.Text:=Edit3.Text+' '+'dan'+' '+Label13.Caption;
    10 : Edit3.Text:=Edit3.Text+' '+'dan'+' '+Label14.Caption;
    else
    ShowMessage('Masukkan inputan yang benar!')
  end
  end;
Source code diatas digunakan untuk memilih menu, seperti kita ketahui fungsi case of digunakan untuk penyeleksian banyak kasus, jadi fungsi source code diatas adalah untuk mempersingkat pemilihan jadi ketika kita akan memilih menu, kita cukup menginput satu digit angka yang mewakili menu tersebut maka menu yang kita pilih tersebut akan tampil dalam edit3, jika inputan yang dimasukkan tidak sesuai maka akan muncul pesan error “Masukkan inputan yang benar!” seperti yang kita pernah bahas sebelumnya.
OUTPUT PROGRAM :
OUTPUT PROGRAM SETELAH MEMESAN :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar