Listing Program
unit Unit1;
interface
uses
Windows,
Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
Dialogs,
StdCtrls;
type
TForm1 =
class(TForm)
Label1:
TLabel;
Label2:
TLabel;
Label3:
TLabel;
Label4:
TLabel;
Label5:
TLabel;
Label6:
TLabel;
Label7:
TLabel;
Label8:
TLabel;
Label9:
TLabel;
Label10:
TLabel;
Label11:
TLabel;
Label12:
TLabel;
Label13:
TLabel;
Label14:
TLabel;
Edit1:
TEdit;
Edit2:
TEdit;
Button1:
TButton;
Label15:
TLabel;
Edit3:
TEdit;
procedure
Edit1Change(Sender: TObject);
private
{ Private
declarations }
public
{ Public
declarations }
end;
var
Form1:
TForm1;
implementation
{$R *.dfm}
procedure TForm1.Edit1Change(Sender: TObject);
Var A,B:integer;
begin
A:=StrToInt(Edit1.Text);
B:=StrToInt(Edit2.Text);
begin
case A of
1 :
Edit3.Text:=Label3.Caption;
2 :
Edit3.Text:=Label4.Caption;
3 :
Edit3.Text:=Label6.Caption;
4 :
Edit3.Text:=Label7.Caption;
5 :
Edit3.Text:=Label8.Caption;
else
ShowMessage('Masukkan inputan yang benar!');
end;
end;
case B of
6 :
Edit3.Text:=Edit3.Text+' '+'dan'+' '+Label10.Caption;
7 :
Edit3.Text:=Edit3.Text+' '+'dan'+' '+Label11.Caption;
8 :
Edit3.Text:=Edit3.Text+' '+'dan'+' '+Label12.Caption;
9 :
Edit3.Text:=Edit3.Text+' '+'dan'+' '+Label13.Caption;
10 :
Edit3.Text:=Edit3.Text+' '+'dan'+' '+Label14.Caption;
else
ShowMessage('Masukkan inputan yang benar!')
end
end;
end.
Logika
Program
Pada praktikum kali ini,
kita akan membuat program pemesanan menu makanan dan menu minuman dengan
menggunakan Delphi 7. Program kali ini menggunakan statement case of. Langsung
saja kita bahas cara membuat programnya, pertama kita membuat form dan
menyusunnya. Setelah itu klik 2x pada Button1 dan masukkan source code berikut
ini :
procedure TForm1.Edit1Change(Sender: TObject);
Var A,B:integer;
begin
A:=StrToInt(Edit1.Text);
B:=StrToInt(Edit2.Text);
begin
case A of
1 :
Edit3.Text:=Label3.Caption;
2 :
Edit3.Text:=Label4.Caption;
3 :
Edit3.Text:=Label6.Caption;
4 :
Edit3.Text:=Label7.Caption;
5 :
Edit3.Text:=Label8.Caption;
else
ShowMessage('Masukkan inputan yang benar!');
end;
end;
case B of
6 :
Edit3.Text:=Edit3.Text+' '+'dan'+' '+Label10.Caption;
7 :
Edit3.Text:=Edit3.Text+' '+'dan'+' '+Label11.Caption;
8 :
Edit3.Text:=Edit3.Text+' '+'dan'+' '+Label12.Caption;
9 :
Edit3.Text:=Edit3.Text+' '+'dan'+' '+Label13.Caption;
10 :
Edit3.Text:=Edit3.Text+' '+'dan'+' '+Label14.Caption;
else
ShowMessage('Masukkan inputan yang benar!')
end
end;
end.
Mari kita bahas satu
persatu source code diatas :
1. Var A,B : integer ;
digunakan untuk menentukan bahwa setiap inputan yang dimasukkan ke dalam Edit1
dan Edit2 harus bernilai integer, jika ada maka akan muncul pesan error yang
berbunyi “Masukkan inputan yang benar”
sesuai dengan codingan berikutnya yang ada pada case of.
2. A:=strtoint(edit1.text);
B:=strtoint(edit2.text);
Kedua
source code diatas digunakan untuk mengkonversi nilai string menjadi integer
(strtoint) yang artinya data bertipe String di komponen edit1 dan edit2 akan
dirubah menjadi data yang bertipe integer yang disimpan di variable nilai
integer.
3. begin
case A of
1 :
Edit3.Text:=Label3.Caption;
2 :
Edit3.Text:=Label4.Caption;
3 :
Edit3.Text:=Label6.Caption;
4 :
Edit3.Text:=Label7.Caption;
5 :
Edit3.Text:=Label8.Caption;
else
ShowMessage('Masukkan inputan yang benar!');
end;
end;
case B of
6 :
Edit3.Text:=Edit3.Text+' '+'dan'+' '+Label10.Caption;
7 :
Edit3.Text:=Edit3.Text+' '+'dan'+' '+Label11.Caption;
8 :
Edit3.Text:=Edit3.Text+' '+'dan'+' '+Label12.Caption;
9 :
Edit3.Text:=Edit3.Text+' '+'dan'+' '+Label13.Caption;
10 :
Edit3.Text:=Edit3.Text+' '+'dan'+' '+Label14.Caption;
else
ShowMessage('Masukkan inputan yang benar!')
end
end;
Source code diatas
digunakan untuk memilih menu, seperti kita ketahui fungsi case of digunakan
untuk penyeleksian banyak kasus, jadi fungsi source code diatas adalah untuk
mempersingkat pemilihan jadi ketika kita akan memilih menu, kita cukup
menginput satu digit angka yang mewakili menu tersebut maka menu yang kita
pilih tersebut akan tampil dalam edit3, jika inputan yang dimasukkan tidak
sesuai maka akan muncul pesan error “Masukkan inputan yang benar!”
seperti yang kita pernah bahas sebelumnya.
OUTPUT
PROGRAM :
OUTPUT
PROGRAM SETELAH MEMESAN :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar