Kamis, 27 Desember 2012

Tinjauan Umum Pandangan Dunia Teknologi Komunikasi di Dalam Kehidupan Sosial


           Komunikasi pada dasarnya dapat terjadi dalam berbagai konteks kehidupan.Peristiwa komunikasi dapat berlangsung tidak saja dalam kehidupan manusia. Namun demikian, objek pengamatan dalam ilmu komunikasi di fokuskan pada peristiwa-peristiwa komunikasi dalam konteks hubungan antara manusia atau komunikasi antar manusia.Jadi komunikasi adalah suatu proses dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan di sekitarnya.Komunikasi sebagai suatu proses artinya bahwa komunikasi merupakan serangkaian tindakan atau peristiwa yang terjadi secara berurutan yaitu (ada tahapan atau sekuensi) serta berkaitan satu sama yang lainnya dalam kurun waktu tertentu. Sebagai suatu proses, komunikasi tidak statis tetapi dinamis dalam arti akan selalu mengalami perubahan dan berlangsung terus menerus.
        Dalam kehidupan bermasyarakat kita selalu berkomunikasi untuk menjalin sebuah hubungan. Karena dengan adanya komunikasi kita akan mengetahui tentang sesuatu hal masing-masing antara satu dengan yang lainnya. Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Manusia akan selalu berhubungan dengan orang lain. Melalui komunikasi dengan orang lain, kita dapat memenuhi kebutuhan emosional dan intelektual kita. Untuk berhubungan dengan orang lain itulah dibutuhkan komunikasi, baik komunikasi secara verbal maupun komunikasi secara non verbal.
        Untuk dapat berkomunikasi dengan baik dan efektif, kita dituntut untuk tidak hanya memahami prosesnya, tetapi juga mampu menerapkan pengetahuan kita secara kreatif. Komunikasi dikatakan efektif apabila komunikasi yang terjadi bersifat dua arah yaitu dimana makna yang distimulasikan sama atau serupa dengan yang dimaksudkan oleh komunikator atau pengirim pesan.
         Dengan berkembangnya teknologi komunikasi yang sangat pesat, maka berpengaruh dalam kehidupan social. Dan tentu teknologi tersebut memiliki banyak manfaat contohnya : Dalam kemudahan mendapatkan informasi. Berkat teknologi yang semakin lama kelamaan semakin canggih, setiap individu dapat dengan mudah mendapatkan informasi secara cepat, selain itu kita juga dapat dengan mudah berkomunikasi dengan orang lain,saudara,keluarga, teman dalam jarak yang amat jauh.


Ada 4 macam tipe komunikasi yaitu komunikasi dengan diri sendiri, komunikasi antarpribadi, komunikasi publik, dan komunikasi massa.
a.        Komunikasi dengan diri sendiri
Komunikasi dengan diri sendiri adalah proses komunikasi yang terjadi dalam diri sendiri, atau dengan kata lain proses berkomunikasi dengan diri sendiri.
Terjadinya proses komunikasi di sini karena adanya seseorang yang memberi arti terhadap sesuatu objek yang diamatinya atau terbersit dalam pikirannya.

b.        Komunikasi antarpribadi
Komunikasi antarpribadi adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan-pesan antara dua orang, atau diantara sekelompok kecil orang-orang, dengan beberapa efek dan beberapa umpan balik seketika.

c.         Komuniksi publik
Komunikasi publik adalah suatu proses komunikasi di mana pesan-pesan disampaikan oleh pembicara dalam situasi tatap muka di depan khalayak yang lebih besar.Dalam komunikasi publik penyampaian pesan berlangsung secara continue. Dapat diidentifikasi siapa yang berbicara(sumber) dan siapa pendengarnya.
Pesan yang disampaikan dalam komunikasi publik tidak berlangsung secara spontanitas, tetapi terencana dan dipersiapkan lebih awal. Tipe komunikasi publik biasanya ditemui dalam berbagai aktivitas seperti kuliah umum, khotbah, rapat akbar, pengarahan, ceramah, dan semacamnya.
  
d.        Komunikasi massa
Komunikasi massa adalah komunikasi yang dilakukan melalui media massa modern, yang meliputi surat kabar yang mempunyai sirkulasi yang luas, siaran radio dan televisi yang ditujukan kepada umum, dan film yang dipertunjukkan di gedung-gedung bioskop. Lazimnya media massa modern menunjukkan seluruh sistem dimana pesan-pesan diproduksikan, diplih, disiarkan, diterima, dan ditanggapi.
Perkembangan teknologi ditengah perubahan dan perkembangan peradaban kehidupan manusia baiknya tetap terus diawasi agar perkembangan teknologi tidak sepenuhnya mempengaruhi sifat dan keadaan yang dimiliki manusia, dengan harapan pekenmbangan teknologi dalam peradaban manusia dapat membimbing manusia untuk terus membaik dan dapat lebih produktif, serta dapat memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar